Mathematics Education
A. Vision
Mewujudkan program studi yang menghasilkan pendidik matematika yang professional, berjatidiri, dan unggul.
B. Mission
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang kreatif, inovatif dan berbasis ICT serta berdaya saing secara nasional.
- Melakukan kegiatan kemitraan dengan pihak luar baik dalam negeri maupun luar negeri dalam perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi.
- Melaksanakan penelitian inovatif dan kajian intensif untuk mengembangkan model pembelajaran matematika
- Memberikan layanan pengabdian pada masyarakat melalui kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan pelatihan untuk menjawab beragam permasalahan dalam pendidikan matematika.
C. TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang tahun 2014-2019 mempunyai tujuan sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan sesuai Standar Nasional melalui penyelenggaraan proses pendidikan.
- Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak.
- Meningkatkan kemampuan penelitian dosen sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai tanggung jawabnya dan mampu mengembangkan keahliannya.
- Mengimplementasikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.
D. SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Sasaran Program Studi Pendidikan Matematika
- Mewujudkan Program Studiyang sesuai dengan perkembangan pendidikan tinggi.
- Menghasilkan guru yang berkualitasmeliputi empat kompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian, sosial) dan berjatidiri yang unggul.
- Menghasilkan guru yang dapat melakukan penelitian yang kreatif dan inovatif dalam bidang Pendidikan Matematika.
- Menghasilkan guru yang memiliki kemampuan kecakapan hidup, kemandirian dengan mengutamakan kemitraan dan mampu mendidik tanpa memandang perbedaan.
Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Matematika
- Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas agar menghasilkan pendidik Matematika yang terampil, peka terhadap perkembangan dan mampu menyesuaikan diri serta memiliki kesadaran yang tinggi sebagai panutan.
- Melakukan seleksi secara ketat dan sistematis, monitoring dan evaluasi calon mahasiswa.
- Meningkatkan budaya ilmiah dan produk karya tulis ilmiah yang kompetitif.
- Menciptakan dan meningkatkan sistem manajemen dan administrasi akademik.
- Menciptakan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif.
- Kurikulum sebagai salah satu unsur pendidikan, perlu dikaji secara berkelanjutan agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. Pengkajian itu mempertimbangkan:Perkembangan tuntutan dunia kerja, Visi dan Misi Program Studi,Perkembangan kebijakan, peraturan perundangan, sosial, ekonomi dan budaya.
- Mengundang pakar dalam rangka pelatihan atau workshop
E. PROFIL LULUSAN
- Pendidik Matematika yang mempunyai keunggulan di bidang IPTEK dan IMTAQ
- Peneliti bidang Pendidikan Matematika