Fakultas Ilmu Pendidikan
Dekan : Dr. M.Th.S.R.Retnaningdyastuti, M.Pd
Wakil Dekan I : Arri Handayani, S.Psi, M.Si.
Wakil Dekan II : Kristanto, S. Pd, M.Pd
Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang
Visi
Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang sampai dengan tahun 2015 memiliki Visi: Menjadi fakultas yang menghasilkan tenaga kependidikan dalam bidang Ilmu Pendidikan yang profesional dan berjati diri .
Misi
Misi Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang sebagai berikut:
1. Menghasilkan tenaga kependidikan dalam bidang Ilmu Pendidikan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2. Memajukan Ilmu Pendidikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dengan dilandasi budaya akademik yang berjati diri (dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian dan pelayanan) sehingga mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang berkualitas dan profesional.
3. Menanamkan sifat (unitaristik, independen dan non partai politik) dan semangat (demokrasi, kekeluargaan, keterbukaan, tanggung jawab etika, moral dan hukum) PGRI.
Tujuan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang bertujuan:
1. Menghasilkan tenaga kependidikan bidang Ilmu Pendidikan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2. Menjadi: (a) pusat riset pendidikan, (b) pusat pelayanan pendidikan, (c) lembaga sertifikasi tenaga kependidikan, dan (d) lembaga pengembang tradisi/budaya lokal dalam bidang Ilmu Pendidikan dilandasi budaya akademik yang berjati diri (nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian, dan pelayanan).
3. Menjadi pusat kaderisasi PGRI bidang Ilmu Pendidikan yang bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan.
Program Studi di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang Fakultas llmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang memiliki 3 program studi jenjang pendidikan S 1, yaitu:
1. Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (terakreditasi B).
Ketua Program Studi : Siti Fitriana, S.Pd, M.Pd.
Sekretaris Program Studi : Chr. Argo Widiharto, S.Psi, M.Si
Program studi ini memiliki tugas menghasilkan guru bimbingan konseling yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, sosial dan berjati diri dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selain itu lulusan dari program studi ini dapat bersaing dalam dunia kerja baik pada sektor pemerintah maupun swasta. Pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran menjadikan mahasiswa program studi ini siap bersaing dengan lulusan dari universitas lain.
2. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Ketua Program Studi : Agung Prasetyo, S.Psi, M.Pd.,Psi.
Sekretaris Program Studi : Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd
Program Studi PG-PAUD mempunyai tugas menghasilkan guru PAUD yang profesional dan berjatidiri. PG-PAD senantiasa mengembangkan kegiatan akademik yang berjati diri (dilandasi dengan Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian, dan pelayanan). Lulusan PG-PAUD juga diarahkan untuk menjadi peneliti yang handal dan dapat menggunakan ilmunya di masyarakat.
3. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
http://pgsd.ikippgrismg.ac.id/
Ketua Program Studi : Drs. Djariyo, M.Pd
Sekretaris Program Studi : Joko Sulianto, S.Pd, M.Pd.
Program studi PGSD memiliki tugas menghasilkan Guru Sekolah Dasar yang profesional dan berjatidiri. Kegiatan akademik yang dilakukan oleh PGSD dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, dan kesetiakawanan. Selain itu, lulusan dari program studi PGSD memiliki kecakapan hidup (life skill), kemandirian, dan sifat untaristik sehingga mampu bersaing dengan lulusan dari universitas lain.
Arah pengembangan FIP difokuskan pada pencetakan tenaga pendidik yang profesional, pembentukan praktisi bidang kependidikan dan penciptaan peneliti-peneliti handal yang mampu mengembangkan dunia pendidikan.Lulusan FIP dapat mengembangkan dunia pendidikan menjadi lebih maju, sehat dan unggul.
Proses Belajar Mengajar
Kurikulum yang digunakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pembelajaran, serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Kurikulum terdiri dari kurikulum inti dan institutional. Kurikulum inti adalah bahan kajian dan pembelajaran yang berlaku secara nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan nasional. Sedangkan kurikulum intitutional adalah sejumlah bahan kajian dan pembelajaran yang merupakan bagian dari kurikulum pendidikan tinggi, yang terdiri dari tambahan kelompok ilmu dalam kelompok kurikulum inti yang disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan serta ciri khas IKIP PGRI Semarang. Jumlah sks yang harus ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan adalah sebagai berikut :
1. Program studi Pendidikan Psikologi dan Bimbingan total sks yang harus ditempuh adalah 153 sks dengan perincian Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 12 sks, Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) 42 sks, Mata Kuliah Keahlian dan Berkarya (MKB) 46 sks, Mata Kuliah Keahlian dan Berkarya Pilihan (MKB Pilihan) 6 sks, Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) 35 sks, Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB) 12 sks.
2. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini total sks yang harus ditempuh adalah 154 sks dengan perincian Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 14 sks, Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) 36 sks, Mata Kuliah Keahlian dan Berkarya (MKB) 68 sks, Mata Kuliah Keahlian dan Berkarya Pilihan (MKB Pilihan) 9 sks, Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) 13 sks, Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB) 14 sks.
3. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar total sks yang harus ditempuh adalah 153 sks dengan perincian Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 12 sks, Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) 73 sks, Mata Kuliah Keahlian dan Berkarya (MKB) 33 sks, Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) 27 sks, Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB) 8 sks.
Dosen
Pada tahun 2011 FIP memiliki dosen sebanyak 61 orang yang terdiri atas 3 orang Guru Besar, 7 orang doktor, 45 dosen berpendidikan magister sebagian besar sedang menempuh pendidikan S3.
Fasilitas
FIP memiliki berbagai fasilitas yang representatif mulai dari ruang kuliah yang nyaman (dilengkapi AC, LCD Proyektor, Microphone dan Komputer), perpustakaan yang lengkap, laboratorium microteaching yang canggih/modern, laboratorium Bimbingan Konseling (BK), laboratorium Taman Kanak-kanan (TK), laboratorium musik, ruang pelayanan administrasi akademik dengan sistem LAN dan fasilitas hotspot untuk seluruh area kampus.
Kegiatan Penelitian Payung penelitian menjadi jangkar bagi penelitian dosen dan penelitian mahasiswa (skripsi dan tugas akhir), setiap program studi berupaya mendorong para dosennya untuk senantiasa meningkatkan wawasan tentang penelitian dan penyusunan proposal yang tersusun selanjutnya diajukan/dipersaingkan untuk memperoleh dana tertentu, seperti dari hibah kompetitif DIKTI, seperti Hibah Bersaing, Penelitian Fundamental, Hibah Kompetensi, dll. Untuk menjamin adanya keberlanjutan pengembangan ilmu, setiap kelompok peneliti selalu berusaha mengembangankan bidang kajiannya secara konsesten dan berkaitan dengan bidang keahliannya. Kegiatan Mahasiswa Kegiatan kemahasiswaan di FIP diwadahi dalam organisasi BEM, DPM, LKM, UKM, HIMA. Setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti slah satu kegiatan kemahasiswaan. Harapannya adalah agar jiwa keorganisasian dapat terpelihara pada diri mahasiswa. Sehingga lulusan dari FIP IKIP PGRI Semarang dapat bersaing di masyarakat kelak.