GURU PPL HARUS TONJOLKAN KEPRIBADIAN BAIK
Bertempat di Balairung Universitas PGRI Semarang, sebanyak 2189 mahasiswa mendapatkan pembekalan tahap akhir sebelum mereka diterjunkan dalam Praktik Pengalaman Lapangan, pada 11 Agustus mendatang. Para calon guru tersebut akan dikirim ke 13 kabupaten/kota di Jawa Tengah seperti Kota Semarang, Kabupaten Demak, Pekalongan, Rembang, Pati, Kendal, Batang, Purwodadi, hingga Kudus.
“Ini merupakan tahun ke tiga PPL berbasis wilayah dan kota. Para mahasiswa yang saat ini hadir di pembekaan akhir adalah yang telah memenuhi syarat dan telah menempuh program PPL 1 yang ditempuh selama satu semester,” ungkap Djoko Purnomo, Kepala P3MSB UPGRI Semarang. Pihaknya menjelaskan bahwa mahasiswa juga telah dibekali materi pembelajaran berbasis kurikulum 2013, sehingga mereka sudah siap untuk melaksanakan praktik mengajar sesuai dengan kurikulum tersebut.
Djoko juga menambahkan bahwa para calon guru yang akan mengajar di sekolah-sekolah mitra dituntut untuk memberikan kegiatan-kegiatan lain di luar kegiatan praktik mengajar, untuk membantu meningkatkan kompetensi sekolah. “Misalnya kegiatan parenting, peningkatan kemampuan IT, dan lain sebagainya,” imbuh Djoko.
Rektor Universitas PGRI Semarang, Dr. Muhdi MHum mengungkapkan, mahasiswa akan diterjunkan lngsung untuk praktik mengajar dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA maupun SMK. Beiau berpesan agar para calon guru peserta PPL harus benar-benar siap saat diterjunkan sebagai guru di sekolah latihan. “Harus siap baik materi, cara mengajar, maupun penampilan. Kalian harus meninggalkan kesan yang lebih baik dari guru yang ada di sekolah tersebut,” tegas Muhdi.
Muhdi menegaskan bahwa selain memiliki kompetensi pedagogik, sosial, dan profesional yang baik, calon guru juga wajib memiliki kepribadian yang mulia. Guna menunjang peningkatan kompetensi kepribadian yang baik bagi caon guru, panitia juga memberikan materi membangun kepribadian yang baik. Materi tersebut disampaikan langsung oleh pakar public speaking dan pengembangan kepribadian, Bonita D.S
Leave a Reply